HAND PHONE

GSM Internet

Apakah anda menggunakan modem kartu GSM untuk internetan? pernahkan anda membuka setting tools pada aplikasinya? Jika belum sudah saatnya anda membaca cara Setting modem kartu GSM agar internet lebih cepat ini secara seksama.

Pada umumnya kita hanya menggunakan modem secara defaul saja. Beli, masukkan kartu, colokin ke komputer, instal software dan tekan connect. Padahal jika di daerah kita terdapat jaringan 3g alangkah baiknya setting modem tersebut diubah, khusunya pada pilihan jaringan yang digunakan.

Secara default semua modem memilih jaringan koneksi secara automatis, ini bisa diperiksa pada menu setting>>>Network Connection >>> Network Mode. Pasti anda sedang hidup dengan sistem penggunaan jaringan otomatis. Tidak percaya coba saja buka applikasi modem di pc/ laptop anda.

Jika kita menggunakan network mode "auto" maka signal pertama yang ditangkap oleh modem adalah GPRS, dan secara perlahan akan disesuaikannya jika terdapat jaringan 3g yang kuat. Padahal jaringan 3g yang lemah sekalipun jauh lebih cepat daripada GPRS full sinyal. Perbandingan kecepatan iternetnya 10 : 1. Untuk itu ubahlah settingan modem ini, jangan lagi setting modem pada networ mode auto tapi gantilah ke UMTS/ HSPA Only.

Biar lebih jelas berikut ini cara meningkatkan kecepatan internet dengan setting modem GSM

  1. Hidupkan komputer dan colokkan usb modem
  2. Biarkan modem membaca jaringan terlebih dahulu, tanda jaringan telah terbaca "lampu kedip berwarna merah/ oranye berubah menjadi pink / hijau atau biru.
  3. Buka applikasi modem, pilih setting (biasanya ada di menu bagian atas)
  4. Selanjutnya pilih network connection lalu buka network mode
  5. pada tab network mode pindahkan cekllis dari auto ke UMTS/ HSPA Only, artinya anda hanya akan konek dengan jaringan 3g saja. Jika dipilih GPRS/ EDGE onli anda hanya internetan dengan jaringan GPRS.
  6. Setelah itu biarkan modem mengulang pencarian jaringan hingga kedip lampu berubah hijau atau biru (warna umum lampu modem sekarang)
  7. Tekan tombol connect... anda pasti akan merasakan perbedaan kecepatan internet.
gambar cara setting modem

mengubah settingan pada network connection

memilih jaringan 3g saja untuk settingan modem gsm

Biar lebih jelas lagi perhatikan gambar yang tersedia. Itulah cara untuk mengubag settingan modem kartu gsm agar internetan lebih cepat yang dapat saya bagikan. Cara ini legal dan sangat baik digunakan di daerah yang ada signal 3g tapi lemah. Baca juga cara mempercepat internet modem dengan memperkuat signal di sini.